Selasa, 27 Desember 2016

Daya Tarik Pantai Baron Dan Puncak Mercusuar Nya

Mercusuar pantai baron
Pantai Baron - Wisata Pantai Di Jogja memang selalu jadi daya tarik wisatawan lokal maupun asing banyak pilihan pantai yang wajib sobat kunjungi saat pelesir di yogyakarta salah satu nya gunung kidul, gunung kidul merupakan kabupaten jogja yang didominasi oleh pegunungan yang merupakan bagian barat dari pegunungan sewu atau pegunungan kapur selatan dan dari nama inilah asal muasal nama gunung kidul, daerah ini pun terkenal memiliki deretan pantai selatan dengan pemandangan luar biasa indah terutama pantai baron, pantai ini terletak di desa kemandang, kecamatan tanjungsari, kabupaten gunung kidul yogyakarta. Untuk memasuki area pantai di gunung kidul ini sobat dikenakan biaya retribusi sebesar 9.500 rupiah sobat bisa menikmati pantai baron, kukup, sepanjang, drini, krakal, sundak, pulangsawal, dan pok tunggal.

Tiket retribusi pantai gunung kidul

Adapun mitos unik mengenai pantai baron ini, singkat cerita asal mula nama pantai ini berasal dari nama seorang bangsawan belanda yaitu baron sekeber ia hidup pada masa senapati raja kesultanan mataram yang pertama pada tahun 1930, bangsawan ini mendaratkan kapalnya di pantai selatan tepat nya di pantai yg terkenal dengan nama pantai baron ini.

Pantai ini diapit oleh dua bukit dan terdapat sungai dengan air tawar, aliran sungai ini pun langsung mengalir kearah lautan. Wisata pantai ini juga sering di gunakan masyarakat untuk melaksanakan upacara sedekah laut, upacara ini rutin diselenggarakan setiap tanggal satu suro, upacara sedekah laut dilakukan masyarakat untuk ungkapan rasa syukur atas melimpahnya tangkapan ikan di pantai ini.


Sumber : initempatwisata.com

Pantai ini mempunyai pasir coklat bersih dengan air yang hijau, banyak kapal nelayan berjejer dipinggir pantai ini, bagi sobat yang ingin menikmati keindahan pantai ini cukup di pinggiran saja ya karena ombak pantai selatan yang memang terkenal ganas, jika ingin berenang atau mandi-mandi silahkan sobat bisa berenang di sungai air tawar yang berada di pinggir pantai baron ini.

Keunikan kedua di pantai ini yaitu terdapat mercusuar, untuk ke mercusuar ini sobat bisa berjalan menaiki bukit berbatu kapur yang berada di sebelah timur pantai baron, kita cukup membayar 2000 rupiah untuk perawatan jalan menuju mercusuar ini. Saat berjalan sobat akan disuguhkan pemandangan pantai yang indah.
Pemandangan menuju mercusuar
Setelah berjalan menaiki bukit kapur selama 15 menit dengan berjalan santai sampailah kita, mercusuar ini dibangun pada bulan februari 2014 dan diresmikan di bulan desember tahun yang sama, kita bisa masuk dan juga naik keatasnya loh sobat hanya dengan membayar 5000 rupiah sobat bisa menikmati keindahan pantai baron dari ketinggian 40 meter yang terdiri dari 9 lantai, tangga menuju puncak mercusuar ini pun cukup curam berbentuk spiral dan semakin sempit dibagian atas.

Baca juga : Rute Menuju Hutan Pinus Imogiri, Wisata Murah Di Yogyakarta

Sampai di puncak sobat bisa merasakan angin semilir dan seketika lelah pun terbayar oleh pemandangan pantai selatan yang sangat luar biasa indah dan terlihat juga wisata jam matahari baron technopark, nah moment inilah sobat bisa gunakan untuk berfoto. mercusuar ini juga menggunakan panel surya untuk menyerap panas sinar matahari menjadi tenaga listrik dan disuplai ke seluruh area mercusuar ini

Waktu yang tepat untuk datang ke pantai ini adalah sore hari karena dari atas mercusuar ini sobat bisa menikmati keindahan matahari terbenam, karena lokasinya yang favorite jika sobat datang disaat hari libur pengunjung pantai ini lumayan ramai loh sobat. sekian penjelasan wisata pantai baron gunung kidul ini semoga jadi referensi destinasi wisata sobat sekalian dan semoga bermanfaat.

2 komentar

Wahhh bisa menjadi tujuan wisata keluarga


EmoticonEmoticon